Saudi Larang Muslim Kongo dan Uganda Naik Haji karena Ebola dan Kolera

Pemerintah Arab Saudi telah melarang Muslim dari Republik Demokratik Kongo dan Uganda melakukan ibadah haji ke kota suci Mekkah tahun ini karena terjadinya epidemi kolera dan Ebola di wilayah tersebut.

Kongo sendiri telah memerangi wabah kolera, infeksi usus menular, selama lebih dari setahun dan Ebola, salah satu penyakit dunia yang paling ganas, sejak pertengahan Agustus lalu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, yang belum menerapkan pembatasan perjalanan apapun pada negara itu, lebih dari 20.000 orang di Kongo yang terinfeksi kolera pada tahun 2012, dengan angka kematian hingga dua persen.

Di Uganda, Ebola telah menewaskan 17 orang sejak Juli, namun para pejabat mengumumkan awal bulan ini bahwa penyakit itu telah berhasil dikendalikan dan mendesak semua negara untuk mengangkat larangan perjalanan pada Uganda.

Sampai saat ini, tidak ada pengobatan atau vaksin untuk Ebola, penyakit hemoragik langka yang membunuh antara 25 persen dan 90 persen pasien, tergantung pada kuanya virus. Ebola iri sendiambil dari nama sebuah sungai kecil di Kongo.(fq/wb)