Serangan Udara AS Gagal Cegah IS Kuasai Kobane

-Jumat, Negara Islam  membuat kemajuan terbaru di kota Suriah Kobane, mengambil kendali sekitar 40 persen wilayah kota, laporan  kelompok pemantau.

“Mereka telah mengambil setidaknya 40 persen (kota),” Rami Abdulrahman, yang menjalankan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, melalui pembicaraan telepon.

Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS Tony Blinken,  mengatakan: “Saya tidak tahu apa yang akan terjadi karena tidak adanya kekuatan darat di sana, itu akan menjadi sulit bila hanya andalkan  kekuatan udara untuk mencegah IS dari  mengambil alih kota. ”

“Ada Kobane kobane  lainnya di Irak, dan ada Kobane kobane lain di Suriah setiap hari,” katanya.

Demonstrasi Kurdi asal Kobane telah melakukan  kekerasan jalanan terburuk dalam beberapa tahun di Turki, yang memiliki populasi 15 juta orang Kurdi di wilayah Turki . Demonstrasi  telah meningkat sejak Selasa pekan ini , mereka menentang pemerintah Presiden Tayyip Erdogan, dan menuduh pemerintahan Turki membiarkan  kerabat mereka di kota Kobane dibiarkan untuk mati.

Setidaknya 31 orang tewas dalam tiga hari kerusuhan di seluruh wilayah tenggara Turki, termasuk dua petugas polisi ditembak mati oleh demonstran. (Arby/Dz)