Sisi Menawarkan 3 Jabatan Menteri, Ikhwan tak Bergeming

mansour sisiPemimpin militer Mesir  menawarkan untuk memasukkan Ikhwanul Muslimin dalam proses politik dengan  memberikan tiga jabatan menteri dalam pemerintah persatuan dan membebaskan beberapa anggotanya dari penjara.

Sebuah sumber keamanan yang dekat dengan diskusi tersebut menegaskan substansi dari hasil diskusi. Namun, militer Mesir dan presiden kemudian membantah bahwa pembicaraan itu telah terjadi.

“Dalam rangka rekonsiliasi nasional telah ada janji yang dibuat oleh pemerintah untuk Ikhwan, tetapi hanya setelah mereka akhiri demonstrasi  protes,” kata sumber keamanan .

“Janji-janji pemerintah hasil kudeta tersebut kepada Ikhwan meliputi tiga jabatan menteri dalam pemerintahan baru, pelepasan  aset tokoh tokoh senior Ikhwanul Muslimin setelah dibekukan sejak sebulan yang lalu ,  dan melepas anggota Ikhwan yang tidak terlibat  menghasut kekerasan terhadap negara,” katanya. Dia mengatakan anggota Ikhwan  lain yang telah menghasut kekerasan terhadap petugas keamanan akan tetap diadili.

Dua petinggi senior  Ikhwan membantah mereka menerima kesepakatan tersebut.

“Ini semua adalah kebohongan,” kata Heshmat Gamal. “Ikhwan tidak menerima dan tidak akan menerima untuk membuat kesepakatan semacam ini. Setiap resolusi akan harus menjadi bagian dari rekonsiliasi nasional dengan melibatkan Ikhwan dan kelompok-kelompok lain yang menentang kudeta.”

Aksi demonstrasi  di Masjid Raba’a al-Adawiya dan dekat Universitas Kairo di timur terus  dihadiri para demonstran , meskipun peringatan oleh militer bahwa mereka akan dibersihkan  segera.

Peringatan pemerintah transisi telah ditafsirkan oleh beberapa anggota Ikhwan sebagai ancaman kekerasan lebih lanjut, setelah dua serangan pada bulan Juli yang menewaskan sejumlah besar gugur  dan terluka dan memicu kekhawatiran kalangan di Mesir dan luar negeri akan terjadi pertempuran skala penuh.

Kebuntuan inilah yang  telah menyebabkan Uni Eropa, Uni Afrika dan Barack Obama untuk mengirimkan utusan secara berurutan, semuanya ingin  memastikan bahwa militer dan pemimpinnya, Jenderal Abdul Fattah al-Sisi, untuk menunaikan janjinya mengupayakan  transisi ke pemerintahan sipil.

Senator AS John McCain dan Lindsey Graham tiba di Kairo untuk bertemu dengan para pejabat senior, termasuk al-Sisi. Tetapi hasil kunjungannya , kedua utusan AS itu hanya mengatakan bahwa Washington akan terus memberikan bantuan ke Mesir senilai $ 1,3 milyar (£ 847m) per tahun, yang sebagian besarnya untuk keperluan  militer dalam pasokan senjata. (Grd/Dz)