Situasi Masih Tegang, Militer Mesir Berupaya Membuat Berita untuk Mengelabui Dunia

mursi sisiPresiden interim dukungan militer Mesir saat ini  menerapkan transisi cepat dengan menunjuk ekonom Liberal Hazem el-Beblawi sebagai perdana menteri dan pemimpin oposisi sekuler, Mohamed ElBaradei, sebagai wakil presiden.

Dalam suasana tegang setelah pembunuhan 55 pendukung presiden terguling, Mohamed Morsi, dan ancaman protes massa  oleh para pendukungnya, tentara juga mengancam terhadap politik “manuver” Ikhwan.

Jenderal Abdel-Fatah al-Sisi, menteri pertahanan dan komandan angkatan bersenjata yang menggulingkan Mursi pekan lalu, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah bahwa militer bertekad untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Mesir pada “situasi yang sulit” ini . Sisi juga ucapkan salam ke rakyat Mesir terkait Ramadhan, yang dimulai pada hari ini dalam upaya mengalihkan perhatian atas kekejaman militer Mesir atas insiden Senin Subuh.

Beblawi, mantan menteri keuangan, akan memimpin pemerintahan teknokratis yang anggota kabinetnya belum diumumkan. Tampaknya tidak mungkin untuk memasukkan kementerian dari kalangan aliansi Islamis. Ikhwan memilih untuk menolak setiap tawaran posisi di kabinet Mansour.

Sebelumnya, pemerintah ‘sementara’  umumkan rencana jadwal pemilu dan menyusun sebuah konstitusi yang memberikan hak penuh eksekutif dan legislatif  kepada presiden interim, Adly Mansour. Konstitusi itu juga dikecam oleh Tamarod, gerakan akar rumput yang membawa jutaan massa ke jalan melawan Mursi dalam beberapa pekan terakhir. Konstitusi itu juga tadi malam ditolak oleh Partai liberal National Front Keselamatan, yang ElBaradei merupakan anggotanya.

Tapi penetapan konstitusi baru itu justru dipuji oleh AS, yang sebelumnya telah menyatakan keprihatinan tentang penggulingan Mursi, tetapi AS sangat memuji cara kerja para pejabat Mesir kini dengan “menggelar rencana untuk jalan ke depan”.

Pendukung Mursi masih berkumpul di dekat lokasi pembantaian insiden Senin subuh, digambarkan sebagai upaya militer Mesir untuk membantai kelompok Ikhwan. Tapi pihak militer membuang tuduhan bahwa yang melakukan pembantaian itu adalah teroris, tanpa mendefinisikan siapa yang menjadi pihak terorisnya, dan media pemerintah mendukung klaim dari pihak militer ini.

“Itu kriminal, itu adalah pengkhianatan,” kata Mahmoud Mohamed, seorang Salafi dari Minya, mengenai pembantaian Senin Subuh . “Pengunjuk rasa adalah orang-orang benar. Kita tidak mengenal kekerasan. Kami hanya akan menolak dengan nyanyian damai.”

Sherif Mohamed, seorang guru dari Kairo, mengatakan: “Militer sedang mencoba untuk memalsukan berita, menutupi tindakan mereka . Tapi kami tidak takut, kami bertekad Kami akan terus berdiri di sini untuk mendukung legitimasi…”

Di Kairo Zeinhom di kamar jenazah, pelayat masih menunggu jasad family atau rekan rekan mereka . “Itu biadab,” kata Mohamed Abu Sayed, seorang dosen di Universitas Al-Azhar, yang sedang menunggu jasad temannya, Mohamed Abdel Rahman. “Itu adalah hari hitam dalam sejarah militer Mesir.” Abu Sayed menyerukan agar umat Islam untuk merespon untuk melanjutkan perlawanan mereka. (Guardian/Dz)