Survei: Masyarakat Turki Paling Anti-Amerika di Dunia

Hasil survei berskala internasional menunjukkan bahwa masyarakat Turki adalah masyarakat yang paling anti-Amerika di dunia.

Pew Research Center melakukan survei itu di 46 negara. Di antara negara-negara yang disurvei, khusus Turki, hanya 9 persen responden yang memiliki penilaian positif terhadap AS atau turun sekitar 52 persen dari hasil survei yang sama pada tahun 2000.

"Masyarakat mulai terbiasa melihat Amerika sebagai ancaman bagi keamanan nasional Turki. Hal ini sudah bisa diduga sejak lima tahun yang lalu, tapi baru mengemuka saat ini, " kata Ihsan Dagi, Profesor bidang Hubungan Internasional di Middle East Technical University di Ankara.

Dalam dua tahun belakangan ini, di Turki terbit buku-buku bahkan film-film yang menggambarkan hubungan AS dan Turki yang diwarnai perselisihan, meski tidak sampai perang. Film box office Turki tahun 2006 berjudul "Valley of the Wolve" menampilkan bagaimana heroiknya rakyat Turki melawan pasukan AS yang haus darah di wilayah utara Irak.

Sementara itu, Menlu AS Condoleezza Rice rencananya akan tiba di Ankara, pada Jumat (2/11) untuk membicarakan ketegangan antara Turki dan pemberontak Kurdi di utara Irak. Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan rencananya juga akan bertemu dengan Presiden AS George W. Bush pada Senin lusa. Erdogan akan mendesak Presiden Bush untuk mengambil langkah tegas terhadap milisi bersenjata Partai Pekerja Kurdi di wilayah Kurdistan, yang diduga menerima bantuan dari AS. (ln/presstv)