Taliban Afghan Tidak Setuju Penyerangan Taliban Pakistan Terhadap Sekolah

taliban pakistanTaliban Afghanistan mengutuk serangan sekolah di negara tetangga Pakistan mengatakan membunuh anak-anak tak berdosa tidaklah sesuai dengan ajaran  Islam.

“Emirat Islam Afghanistan selalu mengutuk pembunuhan terhadap anak-anak dan orang-orang tak berdosa di setiap pertempuran ,” Taliban Afghanistan,  dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Selasa malam, menurut Agence France-Presse.

“Pembunuhan yang disengaja orang yang tidak bersalah, wanita dan anak-anak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam dan setiap pemerintahan Islam dan gerakan harus mematuhi esensi mendasar ini,” kata pernyataan itu.

“Emirat Islam Afghanistan (nama resmi Taliban) menyatakan belasungkawa atas insiden tersebut dan berduka dengan keluarga anak-anak tewas,” tambahnya.

Taliban Afghanistan adalah kelompok militan longgar berafiliasi dengan Taliban Pakistan, dengan kedua kesetiaan berjanji untuk Mullah Omar.

Mereka sering menjauhkan diri dari serangan yang membunuh banyak warga sipil, tetapi mereka juga sengaja menargetkan non-kombatan.

Tehreek-e-Taliban Pakistan
Serangan itu diklaim oleh Pakistan Tehreek-e-Taliban (TTP) sebagai balas dendam atas serangan militer besar di wilayah tersebut.

Sementara itu, Pakistan mulai tiga hari berkabung bagi anak-anak dan staf sekolah dibantai di mematikan yang pernah serangan teror di negara itu.
Perdana Menteri Nawaz Sharif mengumumkan tiga hari berkabung nasional dan menggambarkan serangan itu sebagai “tragedi nasional yang disebabkan oleh biadab”. (AFP)

reaksi internasional
Perdana Menteri Nawaz Sharif mengumumkan tiga hari berkabung nasional dan menggambarkan serangan itu sebagai “tragedi nasional yang disebabkan oleh biadab”.

“Ini adalah anak-anak saya. Ini adalah kerugian saya. Ini adalah kerugian negara, “kata Sharif, yang kemudian akan menjadi tuan rumah pertemuan semua pihak parlemen di Peshawar.

Peraih Nobel perdamaian Malala Yousafzai, dirinya ditembak oleh Taliban pada 2012, mengatakan dia “sedih” dengan “orang bodoh dan berdarah dingin” pembunuhan. Presiden AS Barack Obama mengutuk serangan itu sebagai “keji” dan mengatakan Amerika akan berdiri Pakistan dalam perjuangan melawan ekstremisme.

Pemimpin di Eropa bergema kutukan. Perdana Menteri Australia Tony Abbott menawarkan simpati sendiri ke Pakistan, sebagai pemerintahannya berkaitan dengan dampak dari sebuah kafe pengepungan oleh seorang pria bersenjata Islamis gila.
Sekolah di Peshawar Warsak Jalan merupakan bagian dari Sekolah Umum Angkatan Darat dan Sistem Sekolah Tinggi, yang menjalankan sekolah nasional. Mahasiswa rentang usia dari seluruh 10 sampai 18.

Serangan Selasa itu mengejutkan bahkan oleh standar Pakistan, yang telah menderita ribuan kematian di bom dan senjata serangan sejak TTP bangkit pada tahun 2007.

balas dendam Taliban
Juru bicara TTP Muhammad Khorasani mengatakan serangan Selasa itu dilakukan untuk membalas pejuang Taliban dan keluarga mereka tewas dalam serangan militer terhadap kubu pertahanan militan di Waziristan Utara.

“Kami melakukan ini karena kami ingin mereka merasakan sakit bagaimana mengerikan itu adalah ketika orang yang Anda cintai dibunuh,” katanya.

“Kami mengambil langkah ini sehingga keluarga mereka harus meratap seperti kita sedang berkabung.”

Militer telah memuji ofensif sebagai sukses besar dalam mengganggu pemberontakan TTP.

Lebih dari 1.600 militan tewas sejak peluncuran operasi Zarb-e-Azb pada bulan Juni, menurut data yang dikumpulkan oleh AFP dari pernyataan militer.

“Para militan tahu mereka tidak akan bisa menyerang di jantung militer, mereka tidak memiliki kapasitas. Jadi mereka akan untuk sasaran empuk, “Talat Masood, seorang analis umum dan keamanan pensiunan, kepada AFP.