Taliban Pakistan : Drone dan Vaksin Polio adalah Serangan Berbahaya AS

vaksinSelain Drone AS , Taliban Pakistan di suku daerah Waziristan Utara juga khawatir tentang serangan vaksin polio , yang menurut mereka merupakan rencana Amerika untuk mensterilkan dan membatasi populasi mereka .

Kelompok Islam tersebut memerintahkan larangan vaksinasi polio pada tahun 2012 setelah diketahui bahwa seorang dokter Pakistan , Shakil Afridi , membantu CIA menjalankan program vaksin polio di Abbottabad untuk mengkonfirmasi keberadaan Osama bin Laden di kota tersebut.

Pihak Taliban telah melakukan serangkaian serangan terhadap petugas kesehatan yang memberikan vaksinasi di daerah tersebut . Awal bulan ini dua orang tewas ketika sebuah ledakan ditargetkan tim vaksinasi di barat laut kota bergolak Peshawar .

Ahmed Marwat , juru bicara Jundullah , sebuah kelompok sempalan dari Taliban Pakistan , mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan kepada tim vaksinasi , mengatakan kepada Reuters ,  ” Orang-orang Yahudi dan Amerika Serikat ingin membasmi keyakinan Islam kami melalui tetes vaksin ini . ”

Tariq Bhutta dari Ikatan Dokter Anak Pakistan mengatakan kepada Reuters bulan ini bahwa Taliban tidak mungkin untuk mengubah sikap mereka dan membatalkan larangan vaksin polio . Kini serangan-serangan terhadap tim vaksinasi menjadi lebih sering , katanya .

” Tim-tim vaksinasi masih tetap bekerja  , walau ada resiko bagi kehidupan mereka , ” katanya kepada Reuters . (Arby/Dz)