Taliban Pakistan Mengirim Ratusan Mujahidinnya Untuk Bergabung Dengan Mujahidin Suriah

taliban pakistanTaliban Pakistan telah mengirim Ratusan mujahidinnya untuk bergabung dengan pejuang anti Assad ,  dikatakan pada hari Minggu kemarin . Pengiriman ini sebagai  langkah penggabungan hubungan dengan kepemimpinan inti Al-Qaeda.

Lebih dari dua tahun sejak perlawanan anti-Assad dimulai, Suriah menjadi magnet bagi Mujahidin yang  berbondong-bondong untuk bergabung  dengan apa yang mereka lihat sebagai perang suci melawan Syiah Penindas.

Operasi jihad mereka  bersama kelompok militan: seperti Front al-Nusra, yang digambarkan oleh Amerika Serikat sebagai cabang al-Qaeda. Mereka para mujahidin itu berasal dari negara terdekat: seperti Libya dan Tunisia .

Pada hari Minggu, komandan Taliban di Pakistan mengatakan mereka juga memutuskan untuk bergabung ,  ia mengatakan Ratusan pejuang telah pergi ke Suriah untuk berjuang bersama para “teman Mujahidin.”

“Ketika saudara-saudara kita membutuhkan bantuan kami, kami mengirim Ratusan pejuang Seiring dengan teman-teman Arab kami,” salah satu komandan senior  Taliban mengatakan kepada Reuters.

Komandan Taliban di Pakistan, juga yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan keputusan untuk mengirim pejuang untuk Suriah datang atas permintaan “teman-teman Arab.”

“Karena saudara-saudara Arab kami datang ke sini untuk mendukung kami, kami terikat untuk membantu mereka dalam  negara mereka masing-masing dan itu adalah apa yang kita lakukan di Suriah,”  Dikatakan kepada Reuters.

Dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban, Taliban Pakistan terutama beroperasi dari daerah etnis Pashtun yang dilanda pemberontakan Pakistan di sepanjang perbatasan Afghanistan.

Ahmed Rashid, seorang penulis Pakistan terkemuka dan pengamat  Taliban, mengatakan , dengan pengiriman para pejuang Taliban ke Suriah kemungkinan akan dihargai sebagai tindakan loyalitas terhadap sekutu mereka , al-Qaeda.

“Taliban Pakistan telah menjadi pengganti semacam al-Qaeda. Kami Punya Semua Orang-orang asing di sana yang sedang tampak dilatih oleh Taliban Pakistan, “kata Rashid, yang menetap di kota Pakistan Lahore.

“Mereka bertindak seperti jihadis total, Tepatnya .  Ini adalah cara, saya kira, untuk mempererat hubungan Dengan kelompok militan Suriah … dan untuk memperbesar  ruang lingkup pengaruh mereka. ” (Arby/Dz)