Situasi Gaza Memanas, Tank-Tank Israel Serang Kamp Pengungsi

Tank-tank Israel yang menerobos Jalur Gaza membuat situasi di kawasan itu kembali memanas sejak Senin (16/8). Invasi Israel itu mendapat perlawanan keras dari para pejuang Palestina di Gaza.

Sedikitnya 20 kendaraan tempur dan tank-tank Israel hari Selasa kemarin kembali memasuki Jalur Gaza. Pasukan Zionis itu menembakan belasan mortir ke arah kamp pengungsian warga Palestina di Khan Younis, salah satu kamp pengungsian yang padat penghuninya di Gaza.

Sejumlah saksi mata mengatakan, tentara Zionis nampaknya mengincar satu rumah di pemukiman pengungsi itu. Akibat serangan mortir pasukan Zionis, rumah itu rusak berat, namun tidak ada laporan adanya korban jiwa atau luka.

Serangan pasukan Zionis hari Selasa kemarin memicu perlawanan dari para pejuang Palestina di Gaza. Tembakan mortir balasan pejuang Palestina menyebabkan dua tentara Israel luka-luka. Militer Israel mengakui korban di pihaknya dan mengatakan bahwa dua tentara Israel yang luka itu sekarang masih berada di rumah sakit.

Dalam serangan pertama sehari sebelumnya, tentara Zionis menyerang sisi timur Khan Yunis dan menyebabkan seorang warga Palestina tewas.

Invasi pasukan Zionis ke Jalur Gaza sepanjang dua hari kemarin membuat situasi di Gaza kembali memanas sejak agresi brutal Israel ke kawasan itu pada bulan Desember-Januari 2008 yang menyebabkan 1.400 warga Gaza gugur syahid dan menimbulkan kerugian material senilai1,6 milyar dollar. (ln/prtv/imemc)