Turki Larang Warganya untuk Bertempur Melawan IS di Suriah

Ahmet DavutogluTurki tidak akan mengizinkan warganya bersama dengan Kurdi untuk melawan mujahidin IS di kota Kobane, perdana menteri Turki mengatakan Rabu.

“Kami tidak ingin warga negara kami untuk berperang di Suriah dan kami mencoba untuk menghentikan orang-orang yang secara ilegal melintasi perbatasan,” Perdana Menteri Ahmed Davutoglu mengatakan kepada media saat konferensi pers di Kementerian Dalam Negeri 15 Oktober.

Sementara Davutoglu menyatakan “kesedihan” nya bagi warga Kurdi Turki yang tewas karena bertempur dengan IS di  Kobane, ia menambahkan bahwa warga negaranya tidak diperbolehkan untuk melintasi perbatasan ke Suriah.

“Jika ada orang Kurdi Suriah ingin pergi ke Suriah untuk bertempur, gerbang perbatasan terbuka bagi mereka, tapi  nyatanya mereka sendiri tidak ingin pergi,” katanya, menambahkan bahwa sekitar 300 anggota partai Uni Demokratik Kurdi Partai (PYD) telah pergi dari Suriah dan berlindung di Turki.

Davutoglu menambahkan: “Hanya sekelompok kecil dari mereka yang ingin menyeberang perbatasan untuk melawan IS, sedangkan mayoritas ingin tinggal dengan aman di Turki.

“Apa yang bisa kita lakukan? Apakah kita memaksa mereka untuk kembali? ”

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Bulent Turki Arinc mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa hampir milisi Kurdi sekitar 1.000 orang bertahan di Kobane untuk bertempur dengan IS, tetapi “tidak ada warga sipil yang tersisa di Kobane. Semua dari mereka berada di Turki. ”

ARINC juga menuduh Kurdi menggunakan Kobane sebagai “dalih” untuk menciptakan sebuah “pemberontakan” di Turki.

Ia memperingatkan Kurdi bahwa pemerintah akan merespon “sangat” untuk upaya tersebut, menambahkan “kami akan meruntuhkan wilayah  mereka di sekitar mereka.” (Arby/Dz)