Turki Protes Pernyataan Jenderal Israel

Kementerian Luar Negeri Turki memanggil duta besar Israel untuk menyampaikan protes atas pernyataan yang dilontarkan Jenderal Avi Mizrahi, salah seorang pejabat militer Israel tentang Perdana Menteri Turki Recep Tayyeb Erdogan.

Belum lama ini, media Israel memuat pernyataan Jenderal Mizrahi tentang Erdogan terkait debat antara Erdogan dan Presiden Israel Shimon Peres di forum ekonomi dunia Davos beberapa waktu lalu.. Mizrahi mengatakan bahwa Erdogan harus berkaca diri sebelum mengecam Presiden Peres. Mazrehi juga menuding Turki sendiri telah melakukan pembantaian terhadap warga Armenia dan menindas warga minoritas Kurdi yang hidup di Turki.

Pernyataan Jenderal Mizrahi itu membuat kementerian luar negeri Turki merasa perlu menyampaikan protes secara formal terhadap dubes Israel di Turki, Gabby Levy. Dalam pernyataan resminya, kementerian luar negeri Turki menyatakan "Pernyataan Avi Mizrahi tidak berdasar dan Turki tidak bisa menerima pernyataan semacam itu. Untuk itu kami meminta penjelasan segera dari pihak berwenang di Israel." (ln/prtv)