Ulama Saudi Melarang Warga Saudi Mengunjungi Dubai

ulama saudi ...Seorang ulama Saudi mengeluarkan fatwa melarang perjalanan ke Dubai karena banyaknya pengaruh  “Ketidak-moralan” di sana.

Sheikh Mohamed al-Shanar menggunakan akun Twitter-nya untuk menjawab sebuah pertanyaan seorang wanita , “apakah seorang wanita dapat mengunjungi Dubai tanpa didampingi wali laki-laki.”

“Seorang wanita bertanya jika dia pergi ke Dubai tanpa wali,  Aku menjawabnya dengan mengatakan: “pergi ke Dubai saja dilarang, apakah ia didampingi oleh wali atau tidak [karena disana banyak pengaruh  ketidak moralan], dan peluang untuk lakukan perbuatan dosa sangat besar, “kata ulama tersebut di akun Twitter-nya .

Di Arab Saudi, seorang wanita biasanya harus disertai oleh wali laki-laki untuk bisa bepergian.

Fatwanya mendorong gelombang reaksi dari pengguna media sosial dan bahkan dari ulama lainnya, dengan mengatakan ulama tersebut sebagai “aneh” dan “terlampau menyerang”

Dalam wawancara dengan Al Arabiya, Sheikh Abdulaziz al-Fozan, profesor hukum Islam komparatif,  menjelaskan bahwa banyak ulama mengatakan wanita seharusnya tidak melakukan perjalanan ke Dubai sendirian, tapi ulama  al Shanar  terlalu jauh melangkah  dengan men”generalisasi” dengan  melarang laki-laki dan perempuan.

Mengeneralisasi Dubai sebagai tempat yang tidak tepat adalah “tidaksepenuhnya  benar karena ada banyak tempat yang cocok bagi umat Islam untuk mengunjungi [di emirat],” kata Fozan, sambil menyoroti bagaimana kota Emirat menawarkan “perdagangan, pariwisata dan peluang bisnis ” bagi Saudi.

Emirat Arab tidak seperti di Arab Saudi, yang mengikuti ajaran Islam yang ketat, Dubai terbuka juga untuk ekspatriat dari berbagai latar belakang, dan diizinkan juga alkohol dan kehidupan malam yang glamor di kebanyakan hotel dan tempat hiburan di Emirat.

“Lebih baik untuk melakukan perjalanan ke negara-negara yang mirip dengan Arab Saudi dalam hal agama, bahasa dan budaya daripada bepergian ke negara-negara non-Muslim,” kata Fozan, mengacu pada UEA , lebih banyak kesamaan dengan Saudi.

Fatwa pembatasan untuk tidak melakukan perjalanan ke Dubai adalah yang terbaru dalam maklumat keagamaan di Saudi.

Para pengguna Twitter yang tidak menyenangi keterbatasan aturan , mendesak ulama kerajaan untuk menghukum ulama yang mengeluarkan fatwa tersebut, yang mereka gambarkan sebagai ulama yang terlalu “ofensif.” (Arby/Dz)