Aktivis Kemanusiaan Inggris yang Menuju Gaza Ditahan di Laut Libya

Tujuh pekerja bantuan Inggris telah ditahan di laut Libya di atas kapal perahu yang akan memberikan bantuan ke Gaza, kata juru bicara Luar Negeri dikonfirmasi Kamis kemarin (11/11).

"Kami menyadari insiden di Derna Pelabuhan di Libya dan kami telah melakukan kontak dengan pihak penyelenggara," kata jurubicara itu.

"Kami memahami bahwa kapal itu sekarang menuju perairan Yunani," tambah mereka.

Juru bicara itu tidak bisa mengkonfirmasi laporan bahwa kapal Strofades IV dikelilingi oleh kapal-kapal angkatan laut dan jet tempur Libya.

Ellie Merton, penghubung dari London ke pihak penyelenggara, Road to Hope, mengatakan bahwa dia pikir kelompok pekerja kemanusiaan tersebut saat ini sedang ditahan oleh kapten kapal Yunani setelah sengketa uang.

"Sejauh yang saya tahu, pemilik kapal menjadi benar-benar agresif atas pembayaran untuk sesuatu.

"Kami sangat prihatin – kapal sebenarnya tidak layak untuk melaut dan kapten telah menunjukkan dia bersedia mempertaruhkan nyawa dan anggota krunya dan para pekerja bantuan."

Merton mengatakan, ada juga dua warga Irlandia, seorang Aljazair dan tiga Libya di atas kapal, dua polisi dan seorang manajer pelabuhan yang bukan bagian dari konvoi.

Salah satu warga Inggris yang ada di kapal adalah Tauqir Sharif, yang sebelumnya ikut di kapal Mavi Marmara yang diserbu oleh pasukan dari Angkatan Pertahanan Israel pada bulan Mei lalu, yang mengakibatkan kematian sembilan aktivis. (fq/mna)