Al-Qaidah Yaman Peringatkan Adanya "Aliansi Kristen-Syiah"

Seorang pemimpin al Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) memperingatkan Muslim Sunni atas kebangkitan dari sebuah "aliansi Kristen-Syiah" melawan mereka, dalam sebuah pesan audio yang dirilis pada forum jihad Jumat malam lalu.

Abu Sufyan al-Azdi menyebut partisipasi Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan mantan menteri luar negeri Iran Manouchehr Mottaki di sebuah konferensi tentang terorisme di Yaman "adalah bukti terbesar dari aliansi Kristen-Syiah."

"Amerika dan Iran menjadi salah satu aliansi melawan orang-orang Sunni di daerah itu," tambah pemimpin Saudi AQAP, yang sebelumnya dipenjara selama enam tahun di pusat penahanan AS di Guantanamo, dalam pesan audio berdurasi 16-menit.

Azdi mengacu pada Dialog tahunan Manama, yang diselenggarakan pada bulan Desember lalu oleh International Institute of Strategic Studies and billed sebagai "pertemuan yang paling penting terkait keamanan regional di Timur Tengah."

Pimpinan AQAP ini juga memperingatkan kaum Sunni di Yaman bahwa mereka mengambil risiko akan dibantai di tangan pemberontak utara Syiah Zaidi , juga dikenal sebagai Huthis, dan mendesak mereka bersiap untuk tidak ditangkap.

"Sunni, berhati-hatilah dari pembantaian … yang terjadi di Irak, Libanon dan Yaman bisa terjadi pada Anda sementara Anda sendiri tak bersenjata … siapkan diri sebelum terlambat … membeli senjata … melindungi agama Anda, kehidupan Anda dan kehormatan Anda. "

Yaman, tanah air leluhur pemimpin al-Qaidah Usamah bin Ladin, telah menjadi fokus berkembang untuk operasional jaringan itu di seluruh dunia, memicu peningkatan tajam dalam bantuan militer AS ke Yaman.

Dalam sebuah pernyataan tanggal 25 November lalu dan diposting di situs jihad, kelompok itu menyebut pemberontak Houthi "sasaran yang sah" dan mengatakan "serangan baru sedang dipersiapkan" untuk melawan mereka.(fq/aby)