AS Tidak Terima Misi di Afghanistan Disamakan Karzai dengan Penjajahan

Duta Besar AS untuk Afghanistan Karl W. EikenberryDuta Besar AS untuk Afghanistan Karl W. Eikenberry mengecam Presiden Afghanistan Hamid Karzai karena telah mempersamakan aksi militer pimpinan AS di negaranya dengan sebuah "penjajahan".

Eikenberry tidak secara langsung mengkritik pernyataan yang dibuat oleh Karzai dengan berkomentar bahwa pemimpin Afghanistan telah membuat "menyakitkan dan tidak pantas" menyusul adanya pernyataan dari Karzai yang menyamakan aksi militer Amerika Serikat di Afghanistan dengan aksi "penjajahan," lapor AFP.

"Ketika kita mendengar diri kita sendiri yang disebut penjajah dan komentar yang buruk, kebanggaan kita tersinggung dan kita mulai kehilangan inspirasi kita untuk melanjutkan misi," ujar Eikenberry dalam pernyataannya.

Pernyataan Utusan AS ini datang sebagai respon terhadap serangkaian komentar yang dibuat oleh presiden Afghanistan, khususnya pernyataan bulan lalu bahwa kehadiran Amerika di Afghanistan bisa dianggap sebagai "kekuatan penjajah" jika serangan terus membunuh kehidupan warga sipil di negara Asia tersebut.

Kematian puluhan ribu warga sipil Afghanistan sebagai akibat dari serangan NATO dan operasi militer AS sejak invasi Afghanistan pada 2001 telah memicu ketegangan antara Karzai dan sekutu Barat-nya.

Meskipun kehadiran sekitar 150.000 pimpinan pasukan asing di Afghanistan, situasi keamanan semakin memburuk di Afghanistan selama beberapa tahun terakhir.(fq/prtv)