Berapa Jumlah Mujahidin Taliban Sebenarnya?

Ada berapa sebenarnya jumlah kaum Mujahidin Taliban sekarang di Afghanistan? Menurut perhitungan kasar Inggris, kemungkinan jumlah Muajahidin Taliban mencapai 36.000 orang. Perkiraan ini disebutkan oleh Mayor Jenderal Richard Barrons kepada The Times of London.

Dalam menilai kekuatan Taliban, Barrons berkata: "Mungkin ada dalam jajaran kepemimpinan sekitar 900 orang, dan ada sekitar 25.000 dan 36.000 orang yang akan menyebut diri mereka pejuang."

"Ada yang secara ideologis disebut pejuang jihad; ada yang hanya dikaitkan dengan perjuangan untuk alasan-alasan lokal karena itu cara untuk membuat hidup; beberapa yang lain karena masyarakat sudah kehilangan kepercayaan kepada pemerintahan," Times melaporkan.

Saat ini Karzai menawarkan kaum Mujahidin Taliban untuk mau bergabung dengan pemerintahannya dengan imbalan uang dan jabatan. Namun tawaran itu ditolak mentah-mentah.

Hanya, mungkin Richard Barrons lupa, bahwa di belakang Taliban, ada rakyat Afghanistan yang kapanpun dibutuhkan, bersiap membantu perjuangan kaum Mujahidin mempertahankan tanah airnya. (sa/upi)