Breivik: 80 Sel Teror Siap Gulingkan Pemerintah Eropa yang Tolerir Islam

Teroris Kristen Norwegia Anders Behring Breivik mengatakan dia hanya satu dari sekitar 80 sel yang siap untuk menggulingkan pemerintah Eropa yang mentolerir Islam.

Breivik membuat pernyataan tersebut dalam sebuah manifesto setebal 1.500-halaman yang diemail ke sekitar 5.700 orang hanya beberapa jam sebelum serangan kembar yang menewaskan setidaknya 94 orang tewas di Norwegia, Sydney Morning Herald melaporkan.

Judul buku pegangan terebut adalah "2083: Sebuah Deklarasi Kemerdekaan Eropa."

Di buku pegangan itu ia mengklaim setiap politisi yang mengijinkan Muslim untuk bermigrasi ke negara mereka layak untuk dibunuh dengan alasan menjadi "pengkhianat multiculturalist."

Dia lebih jauh menambahkan bahwa ia direkrut dalam sebuah pertemuan di London pada tahun 2002.

Menurut buku pegangan, pertemuan itu disebut dirinya sebagai "Orde Militer Eropa dan Pengadilan Kriminal dari Knights Templar."

Pertemuan di London diyakini telah dihadiri oleh enam orang lainnya, termasuk dua ekstremis Inggris.

Ketika polisi Norwegia menangkapnya, Breivik mengklaim bertindak sendirian. Tapi saksi mata dari Pulau Utoeya, di mana dia membunuh 87 orang, menyatakan mereka melihat lebih dari satu penembak.

Teroris Kristen Anti-Islam ini muncul di depan pengadilan di ibukota Norwegia, Oslo, Senin kemarin (25/7) dan mengaku "tidak bersalah" untuk tuduhan terorisme terhadapnya.(fq/prtv)