Cina Mengecam Operasi Militer AS Membunuh Usamah bin Ladin

Cina mengkritik Amerika Serikat atas pelanggarannya terhadap kedaulatan Pakistan dengan melakukan operasi militer untuk membunuh pemimpin al-Qaidah Usamah bin Ladin.

"Cina menyatakan bahwa kemerdekaan, kedaulatan dan integritas wilayah negara di manapun harus dihormati," kantor berita Xinhua mengutip pernyataan juru bicara Departemen Luar Negeri Cina Jiang Yu yang mengatakan pada sebuah jumpa pers rutin di ibukota Beijing pada Kamis kemarin (5/5).

Jiang mencatat bahwa situasi anti-terorisme global masih suram dan kompleks, dan dia menyerukan adanya kerjasama internasional yang lebih untuk memerangi ancaman tersebut.

"Masyarakat internasional harus meningkatkan kerjasama mereka dan membuat lebih banyak upaya untuk melawan ancaman terorisme internasional," katanya menegaskan.

Pejabat Cina itu menambahkan bahwa Pakistan adalah negara di garis-depan dalam aksi anti-terorisme dan masyarakat internasional harus memberikan pemahaman yang lebih dan dukungan untuk negara itu.

"Kami akan terus mendukung Pakistan dalam melembagakan strategi anti-terorisme mereka sendiri dan membawa mereka keluar berdasarkan pada situasi dalam negeri mereka, dan kami menghargai partisipasi aktif Pakistan dalam kerjasama anti-terorisme internasional," kata Jiang.

Presiden AS Barack Obama menyatakan bahwa Osama bin Laden tewas oleh pasukan AS pada tanggal 1 Mei di kompleks persembunyian di Pakistan.

Dia menambahkan bahwa misi militer dilakukan tanpa sepengetahuan otoritas Pakistan karena ketidakpercayaan AS terhadap sekutu mereka di Asia Selatan tersebut.(fq/prtv)