Anggaran Militer AS Dipangkas Karena Situasi Keuangan yang "Mengerikan"

Menteri Pertahanan AS Robert Gates menyatakan bahwa ada pemotongan dari 78 miliar dolar dalam program-program militer AS, menambahkan bahwa negara itu saat ini sedangn menghadapi situasi keuangan yang "mengerikan".

Robert Gates, setelah negosiasi dengan Gedung Putih, mengatakan bahwa semakin lambatnya dari pertumbuhan anggaran pertahanan selama lima tahun ke depan akan mengikuti pemotongan baru dan tindakan lainnya, AFP melaporkan pada hari Kamis kemarin (6/1).

Anggaran pertahanan yang diusulkan untuk tahun fiskal 2012 akan meningkat menjadi 553 miliar dolar, yang merupakan tingkat sederhana dari tiga persen, namun anggaran masa depan secara bertahap akan dipangkas ke pertumbuhan riil nol pada tahun 2015 dan 2016, Gates mengatakan dalam sebuah konferensi pers.

Pemotongan akan berarti mengurangi ukuran tentara dari Angkatan Darat dan Korps Marinir di tahun 2015-2016, dengan kekuatan tentara menurun dengan 27.000 tentara dan Marinir hingga 15-20.000, ia menambahkan.

Meskipun dirinya akan melawan pemotongan anggaran, pimpinan Pentagon ini berpendapat bahwa AS saat ini menghadapi "situasi fiskal yang mengerikan dan ancaman itu mempengaruhi Amerika dan kredibilitasnya di seluruh dunia dan hanya akan bertambah buruk kecuali pemerintah AS mendapatkan keuangan dalam rangka menuntaskan persoalan itu."

Gates sebelumnya berharap untuk menjauhkan diri dari pemotongan anggaran yang mempengaruhi kekuatan tempur AS, tetapi pada akhirnya militer AS diwajibkan untuk mengajukan pengurangan ukuran di tubuh Angkatan Darat dan Marinir. (fq/prtv)