iCasualties: Total Jumlah Pasukan Asing Tewas di Afghanistan Tahun Ini 701

Laporan terbaru yang dirilis oleh sebuah situs independen iCasualties.org pada Selasa ini (21/12), menyebutkan jumlah kematian pasukan internasional di Afghanistan pada tahun 2010 ini telah mencapai 700 jiwa.

Angka total sekarang berdiri pada posisi 701, merupakan angka tertinggi selama sembilan tahun invasi pasukan pimpinan AS ke Afghanistan, dalam melakukan pertempuran melawan pejuang Taliban.

Sebagian besar tentara yang tewas sebanyak 493 adalah tentara AS, diikuti oleh Inggris dengan jumlah kematian 101, lapor situs web tersebut.

Namun jumlah angka kematian pasukan asing yang ada di Afghanistan, tentu akan jauh berbeda dengan laporan dari mujahidin Taliban. Karena dalam sekali serangan, Taliban sering mengklaim menewaskan belasan bahkan puluhan pasukan asing yang berada di negara mereka.

CNN dalam sebuah laporannya yang menceritakan kisah seorang jurnalis Norwegia yang memfilmkan keseharian kegiatan pasukan Taliban selama 9 hari, mengungkapkan bahwa banyak serangan ‘sukses’ yang dilakukan Taliban oleh pasukan NATO tidak pernah dihitung dan dianggap. Jadi kemungkinan yang sangat besar jika jumlah sebenarnya pasukan asing yang tewas di Afghanistan melebihi dari jumlah laporan resmi NATO maupun laporan dari kelompok independen.(fq/afp)