Karzai Perintahkan Investigasi Pembantaian NATO terhadap Warga Sipil

Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah meminta pejabat provinsi Khost untuk melakukan investigasi atas kematian enam warga sipil yang tewas akibat serangan udara pasukan NATO pimpinan AS.

Dalam sebuah pernyataan dari kantornya pada hari Kamis kemarin (14/7), Karzai memerintahkan penyelidikan berbasis luas ke korban sipil dalam operasi pasukan koalisi di provinsi Khost.

"Presiden menginstruksikan Gubernur Khost Abdul Jabar Naeemi dan pejabat keamanan lainnya untuk menyelidiki keadaan di sekitar kejadian dan menyampaikan laporan mereka kepada presiden secepat mungkin," kata pernyataan itu.

Setidaknya enam warga sipil, termasuk seorang gadis berusia 11 tahun, tewas selama operasi malam hari di tenggara provinsi Khost, pada Rabu malam lalu.

"Seorang guru, siswa, seorang gadis 11 tahun dan tiga orang lainnya tewas dalam operasi itu. Mereka adalah warga sipil, orang yang tidak bersalah," kata juru bicara provinsi Khost Mubarez Zadar.

PBB mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis kemarin bahwa korban sipil di Afghanistan meningkat 15 persen pada semester pertama tahun 2011, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.(fq/prtv)