Mesir Kembali Tangkapi Anggota Ikhwan, Sebagian Besar Ulama Al-Azhar

Dr.Mahmud Izzat Wakil Mursyid Ikhwan

Ikhwanul Muslimin mengumumkan pada hari Kamis kemarin (25/2) bahwa tingginya jumlah penangkapan terhadap anggotanya sejak awal tahun 2010 ini.

Dalam dua bulan di awal tahun 2010 telah hampir seratusan anggota Ikhwan ditahan aparat keamanan Mesir. Dan Kamis kemarin 21 orang anggota Ikhwan kembali ditangkap dalam sebuah penggeberekan oleh polisi Mesir di gubernuran Kafr El-Syaikh serta wilayah Barat Mesir dan sebagian besar yang ditangkap serta di tahan adalah para ulama, imam dan da’i masjid Al-Azhar selain menahan wakil Mursyid ‘Aam Ikhwan Dr. Mahmud Izzat.

Pengacara Ikhwan, Abdul Mun’im Maksud menyatakan kepada Arab.net bahwa meningkatnya penangkapan dan tindakan keras pihak keamanan Mesir terhadap anggota Ikhwan lebih bertujuan politis dari pemerintahan rezim Husni Mubarak.

Situs resmi Ikhwan menyatakan bahwa penangkapan anggota mereka di provinsi Kafr El-Syaikh bertambah menjadi 13 orang setelah sebelumnya telah 11 orang anggota Ikhwan yang ditahan. Sebagian besar yang ditangkap dan ditahan adalah ulama Al-Azhar, yang juga menjadi imam dan da’i di masjid Al-Azhar.

Tidak hanya di provinsi Kafr El-Syaikh yang ditahan dan ditangkap oleh aparat keamanan Mesir sebagian besar adalah para ulama, da’i dan imam Al-Azhar – di wilayah barat Mesir aparat keamanan menahan 8 orang anggota Ikhwan dan sebagian besarnya juga adalah ulama Al-Azhar. (fq/aby)