Pesawat Mirage Perancis Menyerang Libya

Seorang pejabat Perancis mengatakan jet tempur Mirage dan Rafale terbang di atas Benghazi dan menyerang tank Libya. Pejabat itu mengatakan jet yang terbang di atas kubu oposisi dan sekitarnya untuk memastikan bahwa pasukan Muammar Gaddafi tidak bisa mengambil tindakan apa pun di sana.

Pejabat itu mengatakan operasi pesawat tempur Perancis telah menyerang tank pasukan pemerintah Libya yangmencoba masuk ke kota Benghazi, hari Sabtu. Pesawat-pesawat tempur Perancis itu telah melumpuhkan tank-tank pasukan yang setia kepada Gadhafi.

Pejabat Perancis itu berbicara setelah pejabat tinggi dari Amerika Serikat, Eropa dan dunia Arab mengumumkan segera adanya aksi militer untuk melindungi warga sipil di Benghazi. Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan setelah pertemuan darurat di Paris pada hari Sabtu, pesawat-pesawat tempur Prancis sudah menargetkan pasukan Gaddafi.

Para pemimpin 22 negara Uni Eropa yang hadir dalam pertemuan puncak hari Sabtu menyatakan, "Setuju untuk menempatkan semua sarana yang diperlukan, khususnya militer" untuk membuat Gaddafi menghormati resolusi Dewan Keamanan PBB Kamis menuntut gencatan senjata, Sarkozy mengatakan. "pesawat kami menghalangi serangan udara di kota" dari Benghazi, katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Pesawat Perancis telah menyiapkan untuk menyerang dalam beberapa hari terakhir.