"Semua Politisi AS Terima Uang Suap dari Lobi Israel"

Wartawan investigasi David Lindorff mengungkap kasus suap yang dilakukan kelompok lobi Israel terhadap anggota Kongres AS untuk mengamankan kepentingan Israel di Timur Tengah.

Hubungan antara pelobi Israel dan anggota Kongres AS merupakan hubungan yang saling membutuhkan. Menurut Lindorff, para pelobi memberi uang pada setiap politisi di Kongres AS. Sementara para politisi itu butuh dana agar bisa terpilih menjadi anggota Kongres.

"Karena kita tidak memiliki pemilu yang dibiayai masyarakat," kata Lindorff, "oleh sebab itu mereka bekerja sama dengan para pelobi Israel yang sangat kaya dan berpengaruh."

Para politisi di AS mau bekerja sama dengan para pelobi itu, utamanya karena ingin mengamankan posisi mereka. "Para politisi itu tidak mau kelompok lobi menentang mereka nantinya," ujar Lindorff.

Ia mencontohkan mantan anggota Kongres Cynthia McKinney yang menentang kelompok lobi Israel, akhirnya diserang balik oleh AIPAC, kelompok lobi Israel paling berpengaruh di AS. "Itulah sebabnya, Israel banyak campur tangan dalam kebijakan AS di Timur Tengah," tukas Lindorff.

AS merjadi negara pertama di PBB yang mengakui berdirinya negara Israel. Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, AS selalu menjegal resolusi-resolusi mengecam Israel dengan menggunakan hak vetonya.

Lindorff mengatakan, kelompok lobi Israel merupakan kelompok lobi terkuat di AS setelah National Rifle Association, sebuah kelompok lobi yang mengkampanyekan kepemilikan senjata api. (ln/prtv)