Tidak Ada Kapoknya, Pastor Terry Jones Jumat Ini Pimpin Demo Anti Islam

Seperti tidak ada kapok-kapoknya pastor Terry Jones yang dulu berencana mengadakan aksi bakar Quran internasional, saat ini kembali membuat ulah.

Menurut laporan, Terry Jones, pastor pembakar Quran dari Florida, akan memimpin aksi tiga jam melawan Islam pada hari Jumat ini (17/6) di Dearborn City Hall diikuti dengan berjalan kaki sejauh 2 mil ke Festival Internasional Arab, di mana ia akan lebih banyak berorasi menentang Islam di sana. Festival tiga hari ini adalah pertemuan terbuka terbesar Amerika Arab di AS dan diadakan di Dearborn, yang dikenal memiliki populasi Muslim yang cukup besar.

Jones, yang memimpin aksi anti Islam di Balai Kota pada bulan April lalu, mendapat perhatian seluruh dunia atas ancamannya untuk membakar Al-Qur’an tahun lalu pada hari peringatan serangan 11 September 2001. Dia membatalkan aksi itu, tetapi ia memimpin aksi pembakaran Al-Quran di Florida pada bulan Maret lalu. Dia juga mencoba melakukan aksi protes di luar Islamic Center of America di Dearborn pada bulan April, namun juri memutuskan ia mungkin akan merusak perdamaian, dan kemudian menggagalkan rencananya. Jones telah mengajukan banding atas keputusan itu, yang dikritik oleh ACLU dan beberapa ahli hukum konstitusi dengan menyebut pelarangan tersebut sebagai pelanggaran kebebasan hak berbicara.

Jumat ini, Jones berencana untuk berbicara lagi menentang syariah Islam sebagai bagian dari rencana lima poin yang katanya akan membantu memerangi Islam. Salah satu poin adalah seruan untuk "pemantauan semua masjid dalam upaya untuk memastikan bahwa masjid adalah hanya tempat ibadah dan bukan tempat propaganda Islam."(fq/bellinghamherald)