Tolak Kelas Berenang, Lima Keluarga Muslim di Swiss Didenda

Lima keluarga Muslim di Basel–kota ketiga terbesar di Swiss–dikenai sanksi denda karena menolak anak perempuan mereka ikut mata pelajaran berenang yang bercampur dengan siswa lelaki.

Keluarga itu, pada bulan Agustus 2010, juga pernah dikenakan denda sebesar 350 CHF (Swiss Franc) karena kasus yang sama.

Radio Swiss WRS melaporkan, Kepala sekolah dasar Basel City Pierre Felder membenarkan adanya persoalan ini. Menurutnya, kelima keluarga Muslim itu tetap menolak anaknya mengikuti kelas renang yang bercampur dengan siswa lelaki, mesti pengadilan menjatuhkan sanksi denda.

Radio Swiss menyebutkan, kasus ini menarik perhatian seorang dermawan di Swiss, yang kemudian membayari denda salah seorang keluarga muslim dan berjanji akan membayar denda tiga keluarga lainnya. Sementara pengadilan di Basel City, masih menunda permohonan banding kelima keluarga tersebut.

Muslim Swiss meliputi 4,5 persen dari total jumlah penduduk di negeri itu. Kebanyakan Muslim Swiss adalah imigran dari Turki dan Yugoslavia. Kota-kota di Swiss yang banyak komunitas Muslim-nya, selain Basel adalah kota Bern, Zurich dan Jenewa.

Beberapa waktu lalu, Swiss dilanda polemik soal referendum yang dilakukan Partai Rakyat Swiss (SVP) yang melarang menara masjid di Swiss. (ln/WRS)