Dubai Siap Resmikan Menara Tertinggi di Dunia, Bisa Terlihat dari Jarak 95 KM

Senin depan, Dubai siap meresmikan ‘Burj al-Imarat’, gedung tertinggi yang dibangun di atas kota itu yang juga menjadi gedung dan menara tertinggi di dunia. Acara pembukaan dipastikan akan berlangsung mewah dan meriah, sekaligus memperingati empat tahun menjabatnya Syaikh Muhammad Rashid Ali Maktum sebagai wali Dubai.

Tender proyek pembangunan gedung tersebut ditangani oleh perusahaan kontraktor Imar, yang separuh sahamnya dimiliki oleh pemerintahan Emirat. Gedung yang berdiri gagah berbalut lapisan logam dan kaca itu sendiri masih belum dipastikan kadar ketinggiannya. Namun, pihak kontraktor menegaskan tingginya lebih dari 800 meter.

Kantor berita berbahasa Arab Alarabiya (2/1) melansir, angka pasti ukuran ketinggian gedung al-Imarat akan diumumkan pada hari peresmian. Gedung dan menara itu sendiri terdiri dari 160 tingkar, berdiri di atas tanah seluas 330 ribu meter kubik dan berbobot 31400 ton serta 57 lift.

Biaya pembangunan gedung ini, yang dapat dilihat dari kejauan 95 KM, pada awal mula anggaran proyeknya mencapai 1 juta dolar. Beberapa surat kabar dalam negeri Emirat melansir, biaya pembangunannya melebihi angka tersebut. (ags/aby)