Ekonomi Uni Eropa Terpengaruh Gunung Berapi

Gunung berapi di Islandia, yang menyemburkan abu, dan menyelimuti Uni Eropa, serta mengacaukan seluruh penerbangan, mengakibatkan gagalnya ‘recovery’ (pemulihan) ekonomi negara-negara Uni Eropa.

Sudah memasuki hari keenam, penerbangan ke seluruh Uni Eropa dan antar benua, belum pulih, seluruhnya. Setidaknya lebih 63.000 penerbangan telah ditunda, selama empat hari, sejak abu dari gunung Eyjfjallajokull di Islandia terus menyebur, dan menutupi udara Uni Eropa, tak ada maskapai penerbangan yang terbang, dan semua bandara di Eropa ditutup. Kerugian di taksir mencapai 200 juta dolar per-hari. Dan, diperkirakan kerugian ekonomi bisa mencapai miliaran dolar.

Presiden Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso telah memerintahkan untuk melakukan kajian yang detil atas dampak dari gunung berapi Islandia terhadap perkembangan ekonomi negara-negara Uni Eropa, ujar Barrroso. "Saya telah menanyakan kepada Wakil Presiden Kallas untuk melakukan koordinasi dengan Komisi Uni Eropa, mengenai dampak langsung terhadap ekonomi Uni Eropa, khususnya industri penerbangan", ujar Barroso.

Sebenarnya 16 negara Uni Eropa yang sudah menggunakan mata uang euro, perlahan-lahan telah mengalami recovery (pemulihan) ekonomi. Sesudah mengalami penurunan 4 persen akhir tahun lalu, ekonomi negara-negara di wilayah Uni Eropa, mulai tumbuh 1 persen. Seperti laporan yang dikeluarkan Ernt & Young, Jum’at lalu.

Sesungguhnya, akibat dari gunung berapi Islandia itu, mempunyai dampak yang sangat luas, bukan hanya menghambat mobilitas warga yang menggunakan jasa penerbangan, tetapi aktivitas yang memerlukan waktu cepat, dan acara-acara para ekskutif,  politisi, bankir, serta usahawan, semuanya menjadi batal dan berantakan. Akibat semua penerbangan menghentikan aktivitasnya.

Eropa benar-benar menghadapi kondisi yang sangat tidak menguntungkan, akibat gunung berapi, dan mempunyai efek domino, yang berantai, dan menganggu proses recovery ekonomi, bahkan para pemimpin Eropa yang sedianya akan menghadiri pemakaman pemimpin Polandia Lech Kaczynski dan isterinya yang tewas akibat kecelakaan pesawat di Rusia pun batal. (m/cnn)