Enam Komandan Taliban Tewas dalam Pertempuran di Lembah Swat

Pasukan militer Pakistan kembali terlibat pertempuran sengit dengan kelompok Taliban di Lembah Swat. Dalam pertempuran itu, dilaporkan enam komandan senior Taliban tewas.

Keenam komandan senior Taliban itu tewas dalam konfrontasi di dua tempat berbeda di wilayah itu, yang terjadi pada Senin (26/4). Tentara Pakistan melakukan serangan setelah mendapat informasi dari intelejen tentang keberadaan para pimpinan Taliban itu di distrik Kanju dan distrik Kabal, sekitar 10 kilomoeter dari kota Mingora.

Pertempuran di distrik itu menyebabkan empat komandan Taliban tewas dan tentara Pakistan menemukan sejumlah persenjataan Taliban. Sementara dalam pertempuran di kawasan Elam di kota Barikot, provinsi perbatasan barat laut (NWFP) dekat Afghanistan, dua komandan Taliban tumbang.

Pada hari yang sama, polisi Pakistan menangkap pimpinan Tahrik-e-Taliban dalam sebuah operasi militer di kawasan pelabuhan di selatan kota Karachi. Polisi menangkap Hakim Waliullah Swati di rumahnya di kora Orangi, pinggiran kota Karachi.

Setelah ditangkap, polisi Pakistan membawa pimpinan Taliban Pakistan itu ke tempat yang tidak diketahui. Swati adalah sosok yang dicari polisi Pakistan karena dianggap terlibat dalam sejumlah kasus kriminal dan serangan terhadap pasukan Pakistan di lembah Swat. (ln/prtv)