Hati-Hati Mengenakan Kaus Sepakbola

KOSMO! memuat laporan tentang Muslim yang dengan sadar atau tidak sadar memakai kaus sepak bola yang menampilkan gambar salib, merek minuman keras dan setan.

Dewan penasihat Agama Johor, Malaysia, Datuk Nooh Gadot berkata bahwa mengenakan kaus seperti itu dilarang dalam Islam.

"Itu artinya seolah-olah umat Islam menyembah dan mengagungkan simbol-simbol agama-agama lain. Islam tidak berkompromi mengenai hal ini, terlepas dari apakah itu dipakai untuk bersenang-senang, fashion atau olahraga," katanya.

Mufti Perak, Sri Harussani setuju dengan Datuk Nooh dan berkata meskipun Islam tidak melarang pengikutnya untuk berpartisipasi dalam olahraga atau berpakaian, itu harus dilakukan dalam batas-batas hukum Islam.

Di antara tim-tim sepak bola yang membawa gambar lambang salib adalah Brazil, Portugal, Serbia, dan Norwegia dan Barcelona tingkat klub. Sementara Manchester United menerakan slogan "Setan Merah" untuk menyebut mereka, dan menjadi logo di kausnya. Begitu juga dengan Chelsea.

Klub-klub Seri A Italia banyak menerakan salib, seperti AC Milan, Parma, Genoa, Bologna, dan beberapa lainnya. Semnetara Fiorentina, menerakan lambang Fleur De Lis, salah satu imej yang mencerminkan Yahudi dengan sangat kuat.

Bagaimana di Indonesia? (sa/thestar)