Idul Fitri di Bosnia, Mufti Serukan Persatuan Bagi Rakyat Bosnia

Umat Islam Bosnia merayakan Idul Fitri dimulai dengan sholat Ied pagi pada hari pertama bulan Syawal pada pagi ini (20/9) ketika jutaan umat Islam di seluruh dunia juga menandai akhir bulan suci Ramadhan.

Dalam khutbah Idul Fitrinya pada hari Ahad pagi ini, Mufti besar Bosnia Mustafa Ceric, memperingatkan penduduk asli Bosnia bahwa perpecahan di antara mereka mungkin akan menimbulkan ancaman terhadap keberadaan dan persatuan mereka.

Ceric mengatakan umat Islam di negara ini mungkin akan menyia-nyiakan hak-hak mereka sebagai akibat dari perpecahan di antara partai-partai politik mereka.

Pertikaian di antara para pemimpin Muslim Bosnia telah memberikan kesempatan bagi "orang lain" untuk merebut kesempatan dengan membuat beberapa keuntungan politik yang dapat melemahkan otoritas negara pusat yang merupakan satu-satunya yang dapat memberikan jaminan terhadap hak-hak warga Muslim di Bosnia-Herzegovina," kata ulama tersebut dalam khutbah Idul Fitri di kerumunan jamaah di Masjid Gazi Husrev Bey di ibukota Bosnia.

Mufti Bosnia ini juga mengkhawatiran sikap baru para pemimpin Serbia Bosnia-negara sub Republika Srpska, akan mundur dari pengakuan mereka terhadap otoritas negara Bosnia.

"Ini dapat menyebabkan disintegrasi negara dan umat Islam ke dalam kantong yang terpisah," katanya.

Dia kemudian juga menyerukan eksternal Bosnia untuk aktif mendapatkan dukungan bagi kesatuan bangsa sembari memberi peringatan bahwa kesatuan negara ini terancam sebagai akibat dari "ekstremisme politik" yang dilakukan oleh Serbia setempat."

Perdana Menteri Serbia Bosnia-negara sub Republika Srpska, Milorad Dodic baru-baru ini menyangkal bahwa Muslim Bosnia adalah korban dari pembersihan etnis Bosnia selama perang di tahun 90-an.

Sedangkan Menteri Hak Asasi Manusia dan penyelamatan Pengungsi Bosnia – Safet Halilovic menggambarkan komentar resmi pejabat Serbia Bosnia tersebut sebagai "fasis dan menggambarkan hal itu merupakan fanatisme dan ekstremisme" dari beberapa pemimpin Serbia.(fq/wb)