Israel Telah "Mengizinkan" Mesir Kerahkan Pasukan ke Sinai

Israel telah memungkinkan Mesir untuk menyebarkan pasukannya ke Semenanjung Sinai untuk mencegah sebuah revolusi di dalam negeri, stasiun radio Israel melaporkan.

Sejak tahun 1979, Mesir hanya diperbolehkan mengerahkan pasukan polisi di sana, menurut perjanjian antara Kairo dan Tel Aviv.

"Itu adalah keputusan yang diperlukan. Pihak berwenang Mesir berusaha untuk menjaga pemberontakan yang meletus di Sinai di bawah kontrol," kata seorang brigadir jenderal cadangan Israel, Shmuel Zaka.

Kabar tentang adanya militerisasi di Sinai juga datang di tengah laporan bahwa Amerika Serikat telah memobilisasi sejumlah pasukan untuk dikirimkan ke Semenanjung untuk membacking pasukan multinasional dan pengamat yang mengawasi perjanjian perdamaian Mesir-Israel.

Sementara itu, Presiden Israel Shimon Peres mengatakan, "Kami selalu memiliki dan masih sangat menghormati Presiden Mesir Hosni Mubarak."

Warga Mesir memprotes rezim Mubarak dan turun ke jalan untuk hari yang ketujuh, pada hari Senin kemarin (31/1) meskipun adanya peringatan pemerintah dan penyebaran Angkatan Darat.

Helikopter militer dan jet tempur F-16 jet mendengung di atas Tahrir Square, salah satu epicenters pemberontakan, karena jumlah demonstran terus meningkat pada hari Minggu lalu.

Sekelumpulan tank juga bergemuruh ke sekitarnya untuk menunjukkan kekuatan pada saat penembak jitu tentara Mesir mulai menargetkan pengunjuk rasa di ibukota.

Sedikitnya 150 orang sejauh ini telah tewas dan ribuan lainnya terluka sejak aksi protes meletus.(fq/prtv)