Jenderal AS Pingsan Saat Berikan Keterangan tentang Perang di Afghanistan

Panglima Pasukan AS di Irak Jenderal David Petraeus tiba-tiba pingsan saat rapat dengar pendapat dengan anggota Kongres di gedung Capitol Hill, Selasa (15/6).

Jenderal yang hobi fitnes itu, kolaps di kursinya dan langsung dipapah oleh para ajudannya ke luar ruangan. Petraeus yang pernah menjalani perawatan kanker prostat tahun 2009 lalu, diduga mengalami dehidrasi sehingga tubuhnya lemas. Setelah pingsan beberapa saat, ia kembali siuman dan sempat melontarkan lelucon

"Ini bukan karena pertanyaan-peryataan Senator McCain," candanya.

Dalam rapat dengar pendapat, Senator John McCain mencecar Petraeus dengan pertanyaan seputar tindakan-tindakan cepat apa saja yang sudah dilakukan pasukan AS di Afghanistan. Menjawab pertanyaan itu, Petraeus yang sekarang berusia 57 tahun, menyatakan keyakinannya bahwa rencana penarikan mundur pasukan AS dari Afghanistan pada tahun 2011 tetap berada di jalur yang benar.

McCain sedang bicara lagi ketika ruangan tiba-tiba senyap dan para ajudan Petraeus mengelilingi jenderal berbintang empat itu. Ternyata Petraus sudah lemas di kursinya tapi sempat bicara, "Saya mungkin mengalami dehidrasi." Ia lalu dibawa keluar ruangan dan beberapa menit kemudian, salah satu ajudan Petraeus kembali ke ruangan dan mengatakan bahwa jenderalnya baik-baik saja.

Ketika kembali ke ruang rapat, Petraeus mengatakan bahwa dirinya agak sakit kepala. Bukan sekali ini, Patreus sakit saat rapat dengar pendapat dengan anggota parlemen AS. Pada tahun 2007, saat memberikan testimoni tentang perang di Irak di hadapan anggota Senat dan DPR, Petraus mengalami sakit punggung. (ln/arabnews)