Kapal Induk AS Menuju Korea Selatan, Awal Perang Besar?

AS dan Korea Selatan telah sepakat untuk mengadakan latihan militer bersama dalam beberapa hari mendatang di tengah terjadinya ketegangan antara Korea Utara dan Selatan.

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Korea Selatannya Lee Myung-bak telah membuat keputusan itu setelah pertemuan menyusul terjadinya bentrokan mematikan Selasa kemarin (23/11) di antara kedua Korea, kantor berita Yonhap melaporkan pada hari Rabu ini (24/11).

Kapal induk USS George Washington, saat ini sedang menuju Korea Selatan sebagai bagaian dari keputusan untuk mengadakan latihan perang.

Pada hari Selasa kemarin, Seoul dan Pyongyang terlibat saling tembak artileri di pulau perbatasan Laut Kuning dari Yeonpyeong dan masing-masing saling menyalahkan atas terjadinya pertempuran.

Korea Selatan mengatakan mereka membalas tembakan setelah pasukan Korea Utara melepaskan tembakan ke salah satu pulau tersebut. Namun Korea Utara mengatakan pihak Selatan lah yang menembak pertama kali. Dua marinir Korea Selatan tewas dalam bentrokan itu.

Obama telah berjanji akan memberikan "dukungan penuh" untuk Seoul, dan menyebut Korea Utara sebagai "ancaman serius" yang harus segera ditangani. Namun, ia mengesampingkan akan adanya intervensi militer AS.

"Amerika Serikat tetap tegas dan berkomitmen penuh untuk membela sekutunya Republik Korea," katanya.

Baru-baru ini, Amerika Serikat dan Korea Selatan telah melakukan beberapa latihan gabungan laut besar-besaran dan latihan udara di perairan timur Semenanjung Korea.(fq/prtv)