Kepercayaan Umat Islam Kepada Obama Turun Drastis, Kecuali di Indonesia

Kepercayaan terhadap Presiden AS Barack Obama turun drastis di dunia Islam, menurut survei yang dirilis oleh Pew Global Attitudes project.

Di antara tujuh negara yang disurvei dengan populasi Muslim cukup besar, jajak pendapat menunjukkan bahwa lebih dari delapan dari sepuluh orang di Mesir, Turki dan Pakistan tidak percaya Amerika Serikat dan presidennya.

Jajak pendapat itu juga menunjukkan bahwa hanya 21 persen di Yordania melihat AS secara positif.

Penilaian positif terhadap AS terdapat 52 persen di Lebanon, 59 persen di Indonesia dan 81 persen di Nigeria, dimana umat Islam mencakup sekitar lebih dari setengah dari populasi penduduknya.

Di ketujuh di antara negara itu, persentase umat Islam yang mengungkapkan kepercayaan mereka terhadap Obama juga sudah berkurang sejak tahun yang lalu.

Hanya di Nigeria dan Indonesia yang mayoritas Muslim suara penduduknya menunjukkan masih percaya terhadap Obama. Hasil kepercayaan terhadap Obama terburuk di dapat di negara Pakistan, hanya 8 persen penduduk Pakistan percaya kepada Presiden AS.

Jajak pendapat ini datang hanya setahun setelah Obama memulai sebuah awal baru dengan dunia Islam dalam sebuah pidatonya di Mesir.

Jajak pendapat menyalahkan jatuhnya kepercayaan umat islam terhadap Obama lebih karena proses perdamaian Timur Tengah yang terhenti serta perang AS di Irak dan Afghanistan.(fq/prtv)