Kuburan Massal Baru Korban Pembantaian Serbia Kembali Ditemukan

Ahli forensik telah menemukan kembali kuburan massal yang diyakini berisi sekitar 20 tulang belulang umat Muslim yang diduga kuat dibantai oleh Serbia selama Perang Bosnia 1992-1995.

Kuburan itu ditemukan di wilayah Donja Tramosnja-Jankov, sekitar 150 kilometer barat laut ibukota, Sarajevo, kantor berita FENA melaporkan.

Kebangsaan para korban belum diungkapkan oleh para ahli forensik.

Tulang belulang yang diduga kuat korban pembantaian itu segera dipindahkan ke kota Sanski Most, di mana pemeriksaan forensik lebih lanjut diharapkan akan segera dimulai.

Perang Bosnia adalah konflik bersenjata internasional yang berlangsung antara bulan Maret 1992 hingga Nopember 1995. Perang ini melibatkan beberapa pihak termasuk Serbia, Kroasia dan Bosnia.

Perang berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Dayton pada tanggal 14 Desember 1995, yang mengakibatkan pembentukan Republika Srpska sebagai entitas di dalam Bosnia dan Herzegovina.

Konflik yang berlangsung selama empat-tahun tersebut diklaim telah menelan jiwa sebesar 100.000 jiwa lebih – sebagian besar adalah umat Muslim – dan menyebabkan pengungsian sebesar 2,2 juta orang. (fq/prtv)