Lagi, Taliban Kuasai Kembali Satu Provinsi Afghanistan

Setelah Waziristan, Taliban—walaupun di berbeda region—kembali menguasai dan merebut provinsi Nuristan yang sebelumnya dikuasai oleh AS.

Kemarin diberitakan pasukan AS mundur dari empat kunci basis mereka di provinsi ini, setelah terjadi pertempuran dengan Taliban.

Seperti biasanya, AS menduduki ibukota Nuristan, Parun, dengan alas an menjaga keamanannya dari Taliban. Selain karena mungkin tidak kuat akan gempuran gerilya Taliban, AS juga disudutkan dengan kondisi musim dingin yang membuat sulit semuanya.

Sebelumnya AS juga pernah menarik mundur pasukannya dari provinsi Nuristan ini, namun tidak dari empat basis kuncinya sekaligus.

Nuristan merupakan wilayah strategi yang terletak di pegunungan Hindu Kush. Kemunduran AS dari provinsi ini, jika permanen, maka akan semakin menggentarkan pasukan asing yang memang telah ketar-ketir selama ini.

Dan hal ini disinyalir akan semakin memudahkan Taliban untuk mendapatkan dukungan dari rakyat.

Taliban telah menyerukan kepada rakyat Afghanistan untuk tidak terlibat dalam pemilihan umum putaran kedua, yang melibatkan Hamid Karzai dan Abdullah Abdullah. (sa/atimes)