Lebih Dari Dua Juta Jamaah Laksanakan Khatmul Quran di Makkah

Lebih dari dua juta umat Islam memadati Masjidil Haram di Makkah untuk menghadiri doa khusus yang menandai selesainya bacaan (Khatmul Quran) dari Al Qur’an selama sholat Taraweh di malam-malam bulan Ramadhan.

Kompleks masjid dibanjiri dengan ribuan jamaaha yang bershof-shof di pekarangan dan jalan sekitar masjid untuk bergabung dalam doa khatmul Quran.

Syeikh Abdul Rahman Al-Sudais, yang memimpin doa, memohon dan meminta kepada Allah untuk mengakhiri Penderitaan umat Islam di seluruh dunia.

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah, Wakil II Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif, para pangeran dan menteri berada di sekitar Makkah untuk memantau pelayanan yang diberikan kepada para jamaah.

Letjen Saeed Al-Qahtani, Direktur Jenderal keamanan publik, mengatakan pihaknya telah mengerahkan pasukan tambahan untuk mengurus kerumunan jamaah yang jumlahnya mencapai jutaan tersebut.

Saluran TV Saudi maupun kanal-kanal televisi asing setiap tahun merelay secara langsung acara ini untuk pemirsa di seluruh dunia.

Pasukan pertahanan Sipil mengatur perencanaan untuk memenuhi segala situasi darurat dan lebih dari 4200 petugas disebarkan memberikan bantuan peralatan dan opreasi penyelamatan terhadap para jamaah. Kota Makkah juga telah mengerahkan sekitar 4600 pekerja untuk tetap menjaga kawasan pusat kota Makkah tetap rapi dan bersih.

Pemerintah telah membuat pengaturan khusus untuk melindungi para jamaah dari virus flu babi dan penyakit menular lainnya. Sekitar 200 dokter dan perawat bertugas di klinik di dalam dan di luar masjid.(fq/an)