Mantan Anggota Wikileaks Bikin Situs Tandingan, Openleaks

Menegaskan bahwa pendiri Wikileaks, Julian Assange telah "melemahkan organisasi," sebuah organisasi baru yang bakal menjadi saingan situs terkenal Wikileaks karena berani membocorkan dokumen rahasia, secara resmi akan diluncurkan hari Senin ini (13/12).

Para pendiri situs Openleaks.org mengatakan mereka adalah mantan anggota WikiLeaks yang tidak senang dengan cara WikiLeaks berjalan di bawah kepemimpinan Assange.

"Tindakan Assange telah melemahkan organisasi," kata salah satu pendiri Openleaks, Daniel Domscheit-Berg mengatakan dalam sebuah film dokumenter yang ditayangkan Minggu malam di jaringan televisi Swedia SVT. Dia mengatakan WikiLeaks menjadi "terlalu banyak terfokus pada satu orang, dan satu orang itu selalu jauh lebih lemah dari sebuah organisasi."

Dalam sebuah e-mail ke CNN, Domscheit-Berg mengatakan kelompok mereka berharap akan meluncurkan situs Openleaks.org pada Senin ini (13/12).

Seperti WikiLeaks, yang memfasilitasi pengungkapan informasi rahasia yang berasal dari anonim, Openleaks mengatakan tujuannya adalah untuk membantu orang dalam menyampaikan materi dari media massa dan organisasi lain tanpa teriidentifikasi.

Harian Swedia Dagens Nyheter, mengutip dokumen internal Openleaks, melaporkan bahwa situs baru ini berniat untuk bertindak sebagai perantara, "tanpa agenda politik kecuali dari penyebaran informasi kepada media, organisasi publik, organisasi nirlaba, organisasi perdagangan dan serikat pekerja dan kelompok partisipasi lainnya. "

Domscheit-Berg mengatakan WikiLeaks meletakkan "semua yang kami miliki" ke pengungkapan profil tinggi dari ratusan ribu dokumen-dokumen rahasia AS selama lima bulan terakhir.

"Saya pikir hal yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah melakukan hal ini secara perlahan-lahan, langkah demi langkah, untuk membangkitkan proyek ini. Dan hal itu tidak terjadi," katanya dalam film dokumenter SVT.

Assange dan WikiLeaks telah menjadi fokus dari penghukuman di seluruh dunia sejak rilis pertama dokumen rahasia utama AS yang dirilis pada bulan Juli. Sejak saat itu Wikileaks mulai mengungkapkan lebih dari 250.000 kabel diplomatik AS pada bulan November.

Namun Domscheit-Berg mengatakan, "Jika Anda berkhotbah tentang transparansi untuk orang lain, Anda harus transparan terhadap dirimu sendiri."

"Anda harus memenuhi standar yang sama yang Anda harapkan dari orang lain," kata dia kepada SVT. "Dan saya berpikir bahwa di mana kami sudah tidak menuju ke arah yang sama secara filosofis lagi."

Mantan staf WikiLeaks yang lain mengatakan dia tidak puas dengan Assange, tetapi pendiri WikiLeaks itu tidak ingin mendengarkan.

Juru bicara WikiLeaks Kristinn Hrafnsson tidak ingin membahas perbedaan pendapat antara Assange dan mantan anggota lain dari organisasi Wikileaks. Tapi untuk peluncuran situs saingannya yang direncanakan dari kelompok saingannya itu, ia berkata, "semakin banyak, semakin baik."(fq/cnn)