Posting Seruan Berjihad di Internet, 5 Pemuda Prancis Ditangkap

IlustrasiPejabat anti-teror Perancis telah menangkap lima tersangka aktivis Islam pada Selasa kemarin (27/4) setelah mereka diduga memposting komentar pada situs jihadis yang menyerukan jihad atau perang suci Islam.

Kelima orang yang dtangkap, semuanya laki-laki kelahiran Prancis berusia antara 25 dan 30 tahun, ditangkap dalam penggerebekan pada subuh pagi secara simultan di kota selatan Marseille, Brittany dan pinggiran kota Paris, menurut pejabat yang terhubung ke penyelidikan.

Sebuah penyelidikan awal dilakukan untuk memeriksa apakah orang-orang yang ditangkap tersebut memiliki hubungan dengan kegiatan teroris atau pendanaan terhadap teroris, menurut sumber pengadilan, yang mengatakan para tersangka memposting di Internet yang sebagian besar berisi "indoktrinasi jihad".

Penangkapan mereka merupakan bagian dari penyelidikan yang dilakukan oleh hakim Paris anti-terorisme. Kelima orang itu telah ditahan dan rumah dan komputer mereka digeledah oleh petugas spesialis, kata pejabat kepolisian.(fq/aby)