Misteri di Balik Pertemuan Rahasia Israel dan Iran

Dimana sebenarnya konflik Israel dan Iran? Setelah sebelumnya kedua negara selalu dikaitkan dengan berita perseteruan dan akan saling serang, kini banyak terungkap sesuatu yang menunjukkan kebalikannya.

Kamis (22/10), seorang pejabat Israel mengakui bahwa telah terjadi pertemuan rahasia antara negaranya dengan Iran. "Ada beberapa pertemuan antara wakil dari komisi kami dan pejabat Iran dalam konteks regional," Yael Doron kepada AFP. "Ini pertemuan yang diadakan di balik pintu tertutup."

Iran membantah laporan ini. "Ini kebohongan, semacam operasi psikologis yang dirancang untuk mempengaruhi keberhasilan diplomasi Iran di pertemuan Jenewa dan Wina," ujar Ali Shirzadian juru bicara organisasi.

Surat kabar Israel mengatakan Meirav Zafary-Odiz, direktur kebijakan dan pengawasan senjata nuklir bagi Israel badan, dan Ali Asghar Soltanieh, delegasi Iran ke Badan Energi Atom Internasional, bertemu beberapa kali di Kairo pada akhir September silam.

Jika berita ini benar, akan menjadi semakin menarik. Pekan lalu, sebuah harian Inggris sudah menurunkan berita yang menyatakan bahwa Ahmadinejad mempunyai garis keturunan dari Yahudi. (sa/aby)