Mujahidin Kashmir Berhasil Tewaskan Petinggi Militer India

Seorang kolonel angkatan darat India tewas dalam sebuah tembak menembak dengan pejuang mujahidin di Kashmir di tengah kekerasan yang meningkat di wilayah lembah yang indah tersebut.

Menurut seorang juru bicara militer India, kolonel angkatan darat itu tewas ketika kekerasan pecah di dekat perbatasan antara India dan Pakistan.

"Kami telah kehilangan seorang kolonel dalam pertempuran sengit bersenjata semalam dengan militan di (utara) wilayah Kupwara" AFP mengutip pernyataan juru bicara militer Letnan Kolonel Vineet Sood Vineet.

New Delhi dan Islamabad mengklaim Kashmir yang mayoritas penduduknya Muslim secara penuh merupakan bagian dari negara mereka. Ini adalah sengketa yang telah membawa mereka ke dalam perang berkepanjangan.

Kekerasan menurun setelah India dan Pakistan meluncurkan proses perdamaian pada tahun 2004 tetapi serangan mujahidin Kashmir telah meningkat sejak awal tahun ini.

Analis politik mengatakan seringnya terjadi protes jalanan beberapa bulan terakhir memberikan kehidupan baru bagi perjuangan pembebasan Kashmir.

Lebih dari 47.000 orang telah tewas sejak mujahidin Kashmir memulai perjuangan mereka untuk kebebasan Kashmir dari penguasa India pada tahun 1989. (fq/prtv)