Negara-Negara Arab Gelar Aksi

Gelombang besar aksi menentang Israel dan mendukung Hamas terus muncul di semua penjuru tanah Arab. Kendati mendapatkan tentangan dari pemerintahannya,rakyat di negeri-negeri Arab tetap turun ke jalan mengutuk Israel.

Di Amman, ibukota Yordania, lebih dari 20.000 orang menggelar aksi dengan diprakarsai oleh Ikhwan. Di Beirut, Lebanon, 10.000 meneriakan “Mampuslah Israel, Mampuslah AS”. Sementara di Kairo, Mesir, 1000 orang berjajar dalam aksi menunjukan solidaritas pada Palestina.

Di Beirut, Hassan Nasrallah langsung turun memimpin aksi. “DI Gaza, hari ini kita tengah berperang atas nama Palestina, bukan atas nama Hamas.” serunya.

Di Amman, para demonstran melambai-lambaikan bendera Ikhwan yang memang mempunyai kedekatan ideologi dengan Hamas. “Hamas, kami adalah tentaramu. Hajar Israel dengan roket al-Qassam-mu!” begitu teriak mereka.

Di Kairo, protes dilakukan di Gedung Serikat Jurnalis. Mereka yang tergabung dalam aksi adalah kelompok Islam, golongan kiri, dan bahkan nasionalis. Aksi demo mereka khusus ditujukan kepada pemerintahan Mesir. Mereka menuntut pemerintah Mesir untuk membuka perbatasan Rafah untuk aksi kemanusiaan dan berhenti berkerja sama dengan Israel.

Semua aksi ini dijaga ketat oleh polisi setempat. (sa/reu)