Paket Stimulus Obama, Untuk Selamatkan Ekonomi atau Yahudi AS?

Organisasi-organisasi Yahudi di AS menyambut gembira paket stimulus yang baru saja ditandatangani oleh Presiden Barack Obama. Karena paket stimulus itu akan menyelamatkan sejumlah lembaga-lembaga sosial milik Yahudi yang beroperasi di Negeri Paman Sam.

Menurut surat kabar Israel, Haaretz, lembaga-lembaga sosial dan kesehatan Yahudi di AS terancam kehilangan dukungan dana sebesar 1 milyar dollar, jika paket stimulus itu tidak jadi ditandatangani. Mereka bisa bernapas lega setelah Obama akhirnya menandatangani paket senilai 787 milyar dollar yang katanya untuk menyelamatkan perekonomian AS dari kebangkrutan.

"Resesi ekonomi yang kian memburuk membuat permintaan akan layanan sosial kami meningkat, pada saat yang sama dana untuk pelayanan sosial itu juga dibatasi," kata William C. Daroff, wakil presiden kebijakan publik dan direktur United Jewish Communities di kantor perwakilan Washington.

"Paket stimulus Obama merupakan langkah signifikan untuk pemulihan ekonomi AS," tambah Ira Forman, kepala National Jewish Democratic Council.

Daroff mengklaim bahwa pihaknyalah yang mendorong pemerintah Obama untuk menambah pendanaan untuk lembaga Medicaid, lembaga sosial Yahudi yang memberikan bantuan bagi keluarga-keluarga yang membutuhkan perawatan kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang. Menurutnya, Medicaid membutuhkan dana sekitar 87 milyar dollar dan mereka mengandalkan komitmen pemerintah AS untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut.

"Jika tidak komitmen,lembaga-lembaga sosial dan kesehatan Yahudi akan kehilangan 1 milyar dollar lebih dana yang dibutuhkan," ujar Daroff. (ln/haaretz)