Pakistan Sambut Baik Terbunuhnya Usamah bin Ladin

Kementerian luar negeri Pakistan Senin ini (2/4) mengatakan kematian Usamah bin Ladin menunjukkan tekad negaranya dan dunia berperang melawan aksi terorisme.

Ini adalah pernyataan resmi pertama Pakistan terkait tentang operasi militer untuk membunuh Usamah bin Ladin yang dilakukan dalam sebuah operasi militer AS pada hari minggu kemarin.

Usamah Bin Ladin terbunuh dalam sebuah rumah mewah di kota Abbottabad tidak jauh dari sebuah akademi militer Pakistan, sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai apakah Pakistan mungkin telah mengetahui keberadaannya di sana.

Abbottabad sendiri adalah rumah bagi tiga resimen tentara Pakistan dan ribuan personil militer dan dihiasi dengan bangunan militer. Penemuan bahwa Usamah bin Ladin tinggal di sebuah kota militer di Pakistan menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana dia berhasil menghindari penangkapan dan apakah militer Pakistan dan kepemimpinan intelijen Pakistan tahu keberadaannya dan melindunginya.

Banyak kritikan telah lama menuduh unsur-unsur keamanan Pakistan telah melindungi Usamah bin Ladin, meskipun Islamabad selalu membantahnya. (fq/ap)