Pasukan Gaddafi Tewaskan 8 Orang dan Lukai 24 Lainnya di Misrata

Sedikitnya delapan orang tewas dan 24 lainnya mengalami cedera di kota Libya Misrata pada saat pasukan yang setia kepada Muammar Gaddafi menembakkan mortir ke arah oposisi yang ada di sana.

Saksi mata di Misrata, kota terbesar ketiga Libya yang terletak 150 kilometer (93 mil) timur Tripoli mengatakan pada hari Minggu kemarin (27/3) bahwa pasukan pro-Gaddafi melepaskan tembakan mortir ke arah pasukan oposisi yang sedang bergerak ke arah barat menuju ke ibukota Tripoli, Reuters melaporkan.

Sebelumnya pada hari Minggu, dua ledakan keras terdengar di kota Sirte, pada saat jet tempur Inggris, Perancis dan AS terbang di atas udara Libya.

Tripoli juga berada di bawah serangan berat oleh pasukan koalisi Barat pada hari Minggu dan ledakan anti-pesawat terdengar di kota.

Pasukan yang setia kepada Gaddafi melancarkan serangan balasan setiap hari dengan artileri berat dan roket serta beberapa serangan udara, berharap bisa mengusir pasukan revolusioner dan akhirnya menembus ke bagian timur negara yang dilanda konflik.

Pasukan Gaddafi, bagaimanapun, telah kehilangan wilayah Cyrenaica, wilayah subur pesisir timur negara itu dari pasukan anti-pemerintah, yang berjuang untuk bergerak ke garis depan ke arah barat ibukota Tripoli, kubu utama Gaddafi.

Cyrenaica adalah salah satu pusat pasukan revolusi anti-Gaddafi dengan Dewan Transisi Nasional yang berbasis di kota Benghazi.

Pasukan oposisi sekarang mengendalikan kota-kota timur yang kaya minyak Ras Lanuf, Ben Jawad dan Uqaylah. Mereka merebut kembali kendali kota-kota dari pasukan pro-rezim setelah memenangkan kembali kota-kota utama Ajdabiyah dan Brega pada hari Sabtu lalu.

Libya mengatakan setidaknya 114 orang – kebanyakan warga sipil – telah tewas dalam serangan udara yang dipimpin AS di negara ini.

Pasukan Libya juga telah menewaskan ratusan warga sipil dan beberapa warga lainnya mengalami penyiksaan di negara Afrika Utara itu sejak revolusi di mulai melawan Kolonel Gaddafi pada pertengahan Februari.(fq/prtv)