Politisi Belanda: Orang-orang Yahudi Harus Pindah ke Israel atau AS

Seorang politisi Belanda terkemuka memicu perdebatan sengit di Belanda minggu ini dengan mengatakan orang-orang Yahudi "tidak memiliki masa depan di sini (Belanda), dan harus pindah ke AS atau Israel."

Pernyataan itu dibuat oleh Frits Bolkestein, mantan Komisioner Eropa dan mantan pemimpin partai kanan yang berkuasa Belanda VVD, dan telah pernyataan tersebut diterbitkan dalam sebuah buku yang baru-baru ini dirilis berjudul Het Verval (The Decline), yang ditulis oleh Manfred Gerstenfeld, seorang Belanda-yang mengangkat korban Holocaust dan peneliti senior di Pusat Yerusalem untuk Urusan Umum.

Bolkstein mendukung pernyataannya dengan mengatakan bahwa peningkatan dalam insiden anti-Semit di Belanda selama satu dekade terakhir telah menyebabkan dia memiliki keyakinan terbatas terhadap kemampuan pemerintah untuk melawan anti-Semitisme.

Komentar Bolkstein menyulut perdebatan, termasuk dari anggota koalisi tiga partai yang dipimpin oleh faksinya sendiri. Geert Wilders, pemimpin anti-Islam untuk partai Kebebasan, bereaksi dengan mengatakan bahwa "Yahudi tidak harus pindah, tapi Maroko anti-Semit lah yang harus pindah dari Belanda."

Dalam bukunya, Gerstenfeld telah memeriksa sikap Gereja Protestan Belanda terhadap orang Yahudi dan mengklaim bahwa anti-Semitisme tidak terbatas pada orang-orang dengan latar belakang Muslim di Belanda.

Dia mengutip sebagai contoh Gretta Duisenberg, seorang teman dari Ratu Belanda dan pro-Palestina, yang baru-baru ini mengatakan kepada surat kabar Belanda bahwa ia "hampir bangga disebut anti-Semit."

Mirjam Sterk dari partai Demokrat Kristen – mitra ketiga dari koalisi saat ini – mengambil sikap kurang reaksioner, tetapi juga mengecam pernyataan, mengatakan: "Kekhawatiran adanya [emigrasi] besar tetapi itu bukanlah solusi."

Belanda memiliki komunitas Yahudi sekitar 40.000 orang. Menurut sebuah laporan oleh polisi Belanda dari bulan September, negara ini telah melihat 209 insiden diskriminatif menargetkan orang-orang Yahudi pada tahun 2009 – meningkat 48 persen dibandingkan tahun 2008.

Frits Bolkestein adalah pemimpin politik dari partai yang berkuasa saat ini VVD antara tahun 1990 sampai 1998. Dia kemudian menjabat sebagai Komisaris Eropa dari tahun 1999 sampai 2004.(fq/hrtz)