Putin Berjanji Akan Bangun Masjid Baru di Moskow

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin hari Kamis kemarin (16/12) berjanji akan membangun sebuah masjid baru untuk memenuhi kebutuhan akibat meningkatnya jumlah Muslim di ibukota Rusia, di tengah adanya oposisi dari warga Moskow.

"Pembangunan masjid telah direncanakan di Moskow. Pembangunan ini harus dilakukan," kata Putin pada saat live di TV dalam acara tanya jawab.

Secara signifikan ia memberikan jaminan untuk pembangunan masjid di tengah ketegangan etnis yang meningkat di Moskow dan kota-kota Rusia lainnya terhadap domuniasi Muslim asal Kaukasia di belakang kerusuhan rasial Sabtu lalu.

Warga Moskow sebelumnya telah menentang pembangunan masjid di tenggara Moskow, di distrik dengan sejumlah besar berisi etnis Tatar, sebagian besar dari mereka adalah Muslim.

Sekarang ini hanya ada dua masjid di Moskow.

Kepala Pusat Kebudayaan Islam di Rusia Abdul Wahid Niyazov, dalam pernyataan yang dikutip oleh BBC, menyatakan bahwa pembangunan masjid baru adalah hak mutlak dari umat Muslim yang harus mendapatkan rumah ibadah yang layak untuk mereka.

Abdul Wahid mengatakan: "Untuk mengatakan bahwa masjid baru akan membahayakan penduduk, hal itu tidak benar, Muslim membentuk 15% dari penduduk daerah itu, dan mereka berhak, seperti warga negara lainnya, menikmati dan memiliki rumah ibadah bagi mereka."

Rusia adalah rumah bagi 10 juta umat Islam, namun karena datangnya imigran dari negara-negara bekas Uni Soviet, jumlah Muslim semakin membengkak menjadi 2 juta di ibukota Moskow.(fq/zeenews)