Putra Usamah bin Laden, Wafat di Pakistan

Sebuah berita yang belum bisa dikonfirmasikan kebenarannya menyatakan bahwa pejabat AS telah meyakini anak laki-laki dari Usamah bin Laden pimpinan tertinggi gerakan Al-Qaidah – Saad bin Laden telah terbunuh dalam sebuah serangan misil Amerika di Pakistan.

Saad bin Laden dilaporkan menghabiskan hari-harinya di bawah tahanan rumah di Iran sebelum dia melakukan perjalanan ke Pakistan tahun lalu, menurut mantan direktur intelijen nasional Mike McConnell.

Seorang pejabat senior pada AS Counterterrorism mengatakan bahwa tanpa tubuh dari Saad untuk di test DNA nya, akan sulit untuk sepenuhnya meyakini bahwa putra Usamah bin Laden tersebut telah wafat. Namun agen rahasia AS meyakini bahwa 80 sampai 85 persen mereka yakin bahwa yang mereka tembak itu adalah Saad bin Laden.

Lembaga AS Counterterrorism secara resmi mengatakan bahwa sebenarnya Saad bin Laden bukan merupakan target yang terlalu penting bagi AS – hanya saja dia berada di waktu dan tempat yang salah.

Saad bin Laden menurut pejabat AS juga aktif dalam gerakan Al-Qaidah, namun bukan sebagai pemain utama. "Kami membuat sebuah transaksi besar atas tewasnya Saad, karena nama belakangnya adalah bin Laden," kata seorang pejabat resmi AS.

Belum diketahui apakah Saad bin Laden sewaktu ditembak oleh misil pesawat tempur AS, sedang berada di dekat ayahnya ketika dia tewas.(fq/npr)