Qatar Gunakan Bocah Israel untuk Promo Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Rusia dan Qatar terpilih menjadi tuan rumah piala sepak bola dunia. Tahun 2018 Piala Sepakbola Dunia akan berlangsung di Rusia. Sementara tahun 2022 akan berlangsung di Qatar. Qatar yang satu-satunya wilayah  ‘gurun’ pasir yang berada di jazirah Arab akan menjadi tuan rumah Piala Sepak Bola Dunia.

Qatar – yang memiliki hubungan kenegaraan resmi dengan Israel – hari Kamis kemarin (2/12) mulai meluncurkan film dokumenter kampanye terkait penyelenggaraan perlehatan besar sepak bola, Piala Dunia 2022,  di mana  Qatar menjadi tuan rumahnya kepada pejabat komite eksekutif FIFA yang mengadakan pertemuan di Zurich Jerman.

Dalam klip promo tersebut, Qatar menampilkan bocah Israel untuk mendapatkan dukungan agar negara mereka di dukung penuh menjadi tuan rumah piala dunia 2022.

Ditampilkan dalam klip promo tersebut seorang bocah Qatar menatap kearah matahari bersinar dan mengatakan tim sepak bola Israel dan tim sepak bola negara-negara Arab akan ikut berpartisipasi di Piala dunia 2022, kemudian terlihat dua orang bocah yang sedang bermain sepak bola di wilayah pendudukan Yerusalem. Sesaat kemudian, seorang bocah Israel dalam klip video tersebut berkata, "warga Israel akan datang mendukung tim mereka dan warga Arab juga akan datang mendukung tim mereka juga kemudian mereka akan saling mengenal satu sama lain." Dan diakhiri dengan saling berangkulan kedua bocah Arab dan Israel.

Ternyata hadirnya klip video promo Piala Dunia 2022 Qatar ini sebagai bagian strategi Qatar untuk menghilangkan keraguan dan kekhawatiran anggota FIFA khususnya Israel yang pada beberapa waktu yang lalu menyatakan mereka menolak tegas Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Pada bulan September lalu, Abraham Avi Luzon, ketua federasi sepak bola Israel menyatakan bahwa negaranya mempertimbangkan adanya kondisi permusuhan antara negara Arab dan Israel sebelum inspeksi terhadap fasilitas olahraga di Qatar, yang pada saat itu sedang gencar-gencarnya berusaha untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Luzon pada saat itu mempertanyakan nasib para suporter bola Israel jika Piala Dunia 2022 Qatar menjadi tuan rumahnya, sambil mengatakan bahwa suporter mereka kemungkinan besar akan berada dalam bahaya, akibat permusuhan Arab-Israel.(fq/imo)